Rasa Syukur

16/10/2009 11:28

Sering kita lupa bahwa sebagai orang kristen, kita perlu menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan.  Mengapa rasa syukur itu sangat penting?

  1. Rasa syukur membuat kita tetap setia.

Ibrani 12: 1- 4

Rasa syukur akan menjaga hati kita dari kekecewaan dan putus asa.  Dan rasa syukur hanya bisa terjadi kalau kita selalu menatap kepada Yesus.  Seringkali kita terlalu fokus terhadap hal-hal yang harus kita ubahkan sehingga kita lupa hal-hal yang Tuhan telah ubahkan dalam hidup kita.  Kita fokus terhadap masalah dan lupa berkat yang telah Tuhan berikan.

Bagaimana kita bisa bersyukur?

  • Pikirkan hal-hal/berkat yang Tuhan telah berikan kepada kita:  surga, keselamatan, keluarga, pekerjaan, makanan, teman, dll.
  • Pikirkan hal-hal yang telah Tuhan bantu dalam hidup kita:  mengajar Alkitab, mengubahkan hidup kita, berbuah, memimpin, bertumbuh, membantu orang yang lemah, dll.
  • Pikirkan impian-impian yang bisa terjadi yang kita ingin capai;

Blessing/berkat,

Accomplishment/keberhasilan,

Goals/tujuan/impian

 

  1. Rasa syukur akan membuat hati kita murni.

Filipi 1:12 – 18

Paulus tetap semangat walaupun dia di dalam penjara.  Paulus tidak pahit kepada Tuhan atas penderitaan yang dia alami.  Paulus tidak menyalahkan Tuhan, tidak menggerutu atau meninggalkan Tuhan karena keberadaan dia di penjara.  Mengapa?  Karena rasa syukurnya jauh melebihi penderitaan yang dialaminya.

 

Lawan kata dari ”rasa syukur” adalah ”kepahitan”.

Apabila kamu dikelilingi oleh masalah, cobaan, tantangan, ujian, tegoran, dll yang dapat membuat kamu sakit hati, apakah kamu pahit?  Tidak ada seorang pun yang bisa membuat kamu pahit atau sakit hati terhadap seseorang, kamu memilih jalan kamu sendiri.  Kamu memilih apakah kamu akan tetap bersyukur atau kesal!  Bersungut-sungut!  Apakah sukacitamu , kegembiraanmu dan rasa syukurmu menonjol diantara orang lain? Itu akan terlihat dari wajahmu dan perbuatanmu!

Untuk mempunyai hati yang murni walaupun situasi yang sangat sulit, kita harus menumbuhkan rasa syukur dalam diri kita.  Ingat selalu akan Paulus yang berkelimpahan rasa syukurnya kepada Tuhan.  Pelajari hidup Paulus sehingga kamu dapat mengerti mengapa dia sangat bersukacita!

 

  1. Rasa syukur akan membuat kita gembira.

Filipi 4: 4 – 9

Bersukacita senantiasa!  Janganlah kuatir akan apapun juga.  Yang harus kita lakukan adalah memohon dan memohon kepada Tuhan dengan hati yang penuh pengucapan syukur.

Setan selalu menyerang kegembiraan kita.  Apakah setan dengan gampang mengambil sukacita kita?  Apakah hanya dibutuhkan 1 (satu) masalah saja sudah membuat sukacita kamu hancur?  Seberapa keras setan harus bekerja untuk membuat kita tidak gembira?

Jangan biarkan setan mengambil sukacitamu dengan begitu gampang.

  • Pikirkan hal-hal yang murni, yang baik, yang adil, yang mulia (ayat 8).  Jangan biarkan pikiranmu dikuasai oleh kenegative-an, kritikan, emosi, asumsi, kekecewaan, keputusasaan, dll.
  • Jangan jadi kristen yang ”kaku”, tegang, berbeban, sedih atau selalu merasa bersalah.  Tunjukkan rasa sukacita kamu.
  • Buat banyak persahabatan, lakukan aktivitas/hobby, dll untuk melepaskan kegembiraanmu.

 

  1. Rasa syukur akan membuat kita termotivasi.

Ibrani 12:28 – 29

Kita hidup dalam kerajaan yang akan tergoyangkan, tapi bayangkan bahwa suatu hari Tuhan akan memanggil kita semua dan dibawa ke dalam kerajaanNya, suatu kerajaan yang tidak akan tergoyangkan, SURGA!  Bagaimana persaan kamu akan hal itu?  Bagaimana perasaanmu apabila akhir zaman, Tuhan akan mengangkat kita semua dari dunia ini dan berkumpul bersama Dia di surga?  Tidak akan ada kesakitan, tidak ada masalah, tidak ada kesepian, tidak ada kekecewaan, dll.  Apakah kamu bersyukur akan hal itu?

·         Surga harus menjadi motivasimu untuk selalu bersyukur.  Tidak ada berkat yang melebihi hal ini.

·         Surga harus menjadi motivasimu untuk selalu setia dan berjuang untuk menginjili orang-orang sekitarmu, keluargamu, kotamu bahkan Nusantara.

Hitung berkat yang kamu terima dalam hidup kamu!  Expresikan itu secara terus menerus!  Expresikan itu di wajah kamu!  Tersenyum!  Ceria!  Bersahabat dengan orang lain dengan hati bersyukur!

 

God bless you in all your ways

disadur dr buku Wathy Linoto “AJAR MEREKA SEGALA SESUATU”

 

Back
Powered By GMCMultiMedia